India Pertahankan Gelar Juara Asia Selatan


KOMPAS BOLA - Kesebelasan India mempertahankan gelar juara Piala Asia Selatan (SAFF), setelah pada final Minggu (11/12/2011), menggilas Afganistan dengan skor 4-0. Keberadaan India sebagai juara Asia Selatan sekaligus menjadikan tim "Harimau Biru", --julukan tim India--, sebagai tim favorit AFC Challenge Cup 2012, yang akan berlangsung Maret nanti.

Afganistan, yang baru pertama kali melaju ke final SAFF setelah menyingkirkan tuan rumah Challenge Cup, Nepal di semifinal, menahan seri India hingga laga final memasuki pertengahan babak kedua. Baru pada menit ke-71, seperti diberitakan situs Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), striker Sunil Chhetri memecah kebuntuan dengan gol melalui tendangan penalti.

Hukuman penalti bagi Afganistan kontroversial, dan kiper Hameedullah Yousufzari menambah berat perjuangan timnya setelah diganjar kartu merah gara-gara mendorong wasit Sukbhir Singh karena memprotes keputusan penalti. Pelanggaran Yousufzari berakibat eksekusi penalti kedua, dan Chhetri yang kembali menjadi algojo, dengan mudah menundukkan kiper pengganti Ahmad Darman.

Gawang India kebobolan untuk ketiga kali, delapan menit kemudian, melalui gol penyerang Jeje Lalpekhlua, yang sukses menyambar umpan gelandang Clifford Miranda. Skor 3-0 untuk India dilengkapi gol striker pengganti Sushil Singh, melalui sepakan bebas pada injury time, untuk mengakhir laga dengan 4-0. Gelar juara Asia Selatan ini merupakan yang keenam bagi India.